Kapolres Nias Selatan Janji Ketatkan Pengamanan Pilkada

0
1661

TELUKDALAM, KABAR NIAS — Kesuksesan Pelaksanaan pemilihan kepala daerah di Kabupaten Nias Selatan menjadi target utama pihak kepolisian dan menjadi tolok ukur pengamanan pilkada secara nasional. Polres Nias Selatan berjanji memperketat pengamanan Pilkada Nias Selatan dibandingkan dengan pengamanan pada beberapa pemilu sebelumnya, utamanya di daerah-daerah yang rawan kecurangan.

Hal ini disampaikan oleh Kapolres Nias Selatan AKBP Robert Da Costa kepada Kabar Nias di ruang kerjanya di Jalan Mohammad Hatta Nomor 1, Kelurahan Pasar Telukdalam, Selasa (12/10/2015)

“Pildaka di Nias Selatan merupakan tolak ukur kesuksesan pelaksanaan pilkada serentak 2015. Pasalnya, Nias Selatan sudah menjadi perhatian khusus secara nasional karena setiap pelaksanaan pemilihan umum Nias Selatan selalu bermasalah,” kata Robert.

Penjagaan keamanan pada Pilkada di Nias Selatan, kata Robert, akan diperketat. Pengamanan di setiap daerah rawan kecurangan dan sulit dijangkau kendaraan akan ditingkatkan. “Pengamanan akan ditingkatkan di Kecamatan Pulau-Pulau Batu, Kecamatan Susua, dan daerah lainnya yang sering terjadi kecurangan selama ini,” ujar Robert.

Robert pun berharap, supaya masyarakat dapat berperan aktif menyukseskan pilkada di Nias Selatan sampai pada hari pencoblosan. “Kami dari pihak keamanan mengharapkan kepada seluruh masyarakat Nias Selatan untuk dapat berperan aktif,” harap Robert.

Sejumlah sorotan masyarakat yang harus diperhatikan pihak kepolisian selama beberapa kali pemilu di Nias Selatan, antara lain adalah pengamanan pengangkutan kotak suara dari TPS ke kantor KPU di Telukdalam, yang rawan dibongkar oleh orang yang tidak bertanggung jawab di tengah perjalanan.

Kemudian, rawannya keselamatan para pelaksana pilkada, yaitu petugas PPS, PPK, dan KPPS, dari ancaman orang-orang yang memiliki niat jahat serta ingin memenangi pilkada dengan dengan segala cara. Pihak Polres Nias Selatan diharapkan benar-benar profesional dalam penegakan hukum selama pelaksanaan setiap tahapan pilkada.  [knc05w]

Berita Terkait

1.000 Personel Polri dan TNI Disiagakan di Nias Selatan TELUKDALAM, KABAR NIAS — Guna mengamankan pelaksanaan pilkada di Nias Selatan—yang dalam beberapa pemilu terakhir selalu bermasalah, pihak Kepolisian ...
Polres Nias Selatan Deklarasikan Pilkada Damai TELUKDALAM, KABAR NIAS — Untuk menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif dalam rangka pemilihan kepala/wakil kepala daerah ...