Dijaga 12 Personel Polisi, Rekapitulasi Suara di Lahömi Aman

PILKADA 2015

0
622
Ipda Yaredi Hia memberikan arahan kepada rekan-rekannya sebelum pekapitulasi Kecamatan Lahömi dimulai, Sabtu (12/12/2015). —Foto: Aminudin Hia

LAHÖMI, KABAR NIAS — Pelaksanaan penghitungan surat suara pilkada di tingkat Kecamatan Lahömi, Kabupaten Nias Barat, Sabtu (12/12), di Aula Kantor Camat Lahömi, berlangsung aman. Sebanyak 11 personel Polres Nias ditambah 1 personel Brimob terlihat mengamankan proses penghitungan itu.

Konsultan/Padal dari Polres Nias Ipda Yaredi Hia dalam apel siaganya di halaman kantor Camat Lahömi mengatakan kepada seluruh personel yang telah ditugaskan untuk siap siaga dengan satu komando.

“Kita dari satuan Polri supaya siap Siaga menghadapi segala kemungkinan yang muncul, jika ada yang mengganggu jalan pelaksanaan rekapitulasi ini segera ambil langkah pengamanan janganlah ragu dan bertindaklah sesuai prosedur yang berlaku,” ujarnya.

Pengamatan Kabar Nias, pelaksanaan rekapitulasi ini berjalan dengan baik dan konduktif. Turut hadir komisioner KPU Nias Barat, Efori Zalukhu, Panwaslih Kecamatan Lahömi, unsur Muspika Kecamatan Lahömi, para saksi kedua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Nias Barat urut 1 dan urut 2 dan LSM/Pers yang bertugas di Kepulauan Nias.

Untuk Kecamatan Lahömi, pasangan nomor urut 2 Faduhusi Daeli-Khenoki Waruwu meraup suara 3.945 suara (84,46 persen). Sementara pasangan calon Adrianus Aroziduhu Gulö, SH,MH dan Oneyus Halawa, SE memperoleh 726 Suara (15,54 persen).

Secara keseluruhan Pilkada Nias Barat (delapan kecamatan) menghasilkan kepala daerah baru dengan perolehan suara, yakni Faduhusi Daely, S.Pd-Khenoki Waruwu dengan 20.475 Suara (56,87 persen). Hasil itu mengalahkan perolehan suara pasangan petahana Aine, 15.530 Suara (43,13 persen). [knc07]