Sunday, February 25, 2024
BerandaHeadline NewsKetua KONI Sumut Lantik Pengurus KONI Nias Selatan Masa Bakti 2023 -...

Ketua KONI Sumut Lantik Pengurus KONI Nias Selatan Masa Bakti 2023 – 2027

Teluk Dalam, Kabarnias – Ketua Umum DPD Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Utara (Sumut) John Ismadi Lubis, lantik pengurus KONI Kabupaten Nias Selatan masa bakti 2023 – 2027 yang berlangsung di aula Kantor Bupati Nias Selatan, Jalan Arah Lagundri KM 5, Senin (14/8 /2023).

Turut hadir pada pelantikan tersebut, Bupati Nias Selatan Hilarius Duha, Wakil Bupati Nias Selatan Firman Giawa, Komisi E DPRD Sumut Penyabar Nakhe, Wakil Ketua 1 KONI Sumut Prof. Agung Sunarno, Waketum 2 Sakiruddin, Waketum 3 Kishariyanto Pasaribu, Wakil Sekretaris Dr. Mesnan , Kabid Organisasi M. Syahrir, Wakabid Humas Joni Silalahi, Sekda Nias Selatan Ikhtiar Duha, Wakapolres Nias Selatan, Mewakili Danlanal, perwakilan Kajari serta kepala OPD.

Dalam penyampaiannya, Ketua Umum KONI Sumatera Utara (Sumut) John Ismadi Lubis, menyarankan Pemerintah Kabupaten dan Pengurus KONI Nias Selatan agar mengembangkan Sport Tourism sebagai cabang olahraga andalan.

“Nias Selatan cocok sekali mengembangkan Sport Tourism dengan kekayaan laut dan pantainya. Ini juga sedang dikembangkan negara kita sebagai andalan di bidang olahraga”, kata John Lubis.

John Lubis menuturkan bahwa saat KONI Sumut memiliki 1.180 atlet yang menjadi binaan dalam program Pelatda (Pemusatan Latihan Daerah) menuju PON 2024

“Ada 15 dari Nias dan 10 diantaranya dari Nias Selatan, dari 10 atlet dimaksud, empat Cabor Gateball, 6 lagi Sky Air dan White Bort (PSAWI). Ini menunjukkan memang Nias Selatan sangat potensial untuk olahraga pantai dan perairan”, tuturnya.

Dia meminta Bupati dan tokoh Nias Selatan ikut memperhatikan para atlet tersebut. John Lubis yakin Nias melalui para atlet dimaksud akan menghasilkan emas pada PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Dia juga mengaku optimis kepengurusan KONI Nias Selatan kali ini sangat menjanjikan, setelah sempat lama vakum.

Baca juga:  Christian Zebua Serius Benahi Kabupaten Nias

Sementara itu dalam arahannya, Bupati Nias Selatan Hilarius Duha mengatakan dengan adanya KONI, Olahraga di Nias Selatan jangan jalan ditempat.

“Peluang kita itu ada dalam olahraga prestasi dengan keberadaan atlet-atlet kita di Pelatda PON 2024”, ujar Hilarius Duha.

Disampaikannya, dengan bekerja dan berlatih keras, apalagi olahraga sekarang tidak lagi sekadar hobi, melainkan sudah menjadi industri dan potensi wisata.

“Kami senang sekali dengan motivasi yang telah diberikan Ketum KONI Sumut”, tuturnya.

Ketua KONI Nias Selatan Elisati Halawa, menyampaikan rasa terima kasih kepada Ketua KONI Sumut John Lubis dan begitu juga dengan oenhurus lainnya yang sangat membantu dalam pembentukan KONI di Nias Selatan.

Dia mengatakan bahwa kalau selama ini KONI di Nias Selatan hanya sebagai Karteker saja dan baru ada pengurus defenitif pada tahun 2023 ini.

“Setelah pelantikan ini, kami tak ingin berhenti di sini. Kita segera melaksanakan berbagai iven olahraga, terdekat Kejuaraan Surfing Internasional Nias Pro pada September 2023, Kejuaraan Sky Air pada bulan Oktober dan minimal sekali tiga bulan ada pesta olahraga,” kata Elisati Halawa.

Adapun pengurus inti KONI Nias Selatan yang dilantik yakni Elisati Halawa, ST sebagai Ketua Umum, Ridho Aeska A. Fau sebagai Ketua Harian, Wilson Loi, S.Pd sebagai Sekretaris Umum, Ewilman Jaya Gulo sebagai Wakil Sekretaris Umum, Aliade Sarumaha Bendahara Umum dan Darman Sarumaha, S.Sos sebagai Wakil Bendahara Umum.

Acara pelantikan KONI Nias Selatan dengan tagline “Olahraga Nias Selatan Mata Pariwisata” ini dimeriahkan dengan penyambutan rombongan KONI Sumut dari sanggar budaya Desa Hilisatarö Raya dan penampilan dari atlet IPSI Nias Selatan.

RELATED ARTICLES

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments