Kriteria Kepala Daerah yang Baik

0
2407

JW-iconOleh Kurniawan Telaumbanua
Lokasi: Kepulauan Nias


Pemilihan kepala daerah di kepulauan Nias akan dilaksanakan sebentar lagi. Waktu aktual yang tersisa adalah 144 hari. Pemilihan akan dilaksanakan secara langsung oleh rakyat. Hal ini mengisyaratkan bahwa untuk mendapatkan sosok pribadi kepala daerah yang ideal atau sesuai dengan kebutuhan, sistem dan tata cara serta kriteria pencalonan harus mengarah kepada terpilihnya seorang yang betul-betul berkualitas. Oleh karena itu, pemahaman tentang pemimpin yang ideal merupakan kewajiban dari setiap masyarakat yang memiliki hak pilih.

Kepemimpinan atau leadership adalah kemampuan seseorang untuk memengaruhi orang-orang lain agar bekerja sama sesuai dengan rencana demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Dengan demikian kepemimpinan memegang peranan yang sangat penting dalam manajemen, bahkan dapat dinyatakan, kepemimpinan adalah inti dari manajemen. Pemimpin yang visioner, kuat dan transformatif, bagaimanapun akan mendorong masyarakat dan segenap elemen bangsa untuk semakin merasakan/memilki tanggung jawab bersama dalam mencapai suatu tujuan yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat daerah.

Di dalam kenyataannya, tidak semua orang yang menduduki jabatan pemimpin memiliki kemampuan untuk memimpin atau memiliki “kepemimpinan”, sebaliknya banyak orang yang memiliki bakat kepemimpinan, tetapi tidak pernah mendapat kesempatan untuk menjadi pemimpin dalam arti yang sebenarnya.

Adapun pengertian ‘kepala’ menunjukan segi formal dari jabatan pemimpin saja, maksudnya secara yuridis-formal setiap orang yang terpilih atau diangkat mengepalai sesuatu usaha atau lembaga (berdasarkan surat keputusan atau surat pengangkatan), walaupun belum tentu orang yang bersangkutan mampu menggerakan memengaruhi dan membimbing bawahannya serta (memimpin) memiliki kemampuan melaksanakan tugas-tugas untuk mencapai tujuan.

Karena seorang pemimpin bertugas menggerakan orang-orang yang dipimpinnya, sudah barang tentu ia harus memiliki sifat-sifat yang lebih dari orang-orang yang dipimpinnya. Banyaknya sifat ideal yang dituntut bagi seorang pemimpin, berbeda-beda menurut bidang kegiatan, jenis atau tipe kepemimpinan, tingkatan dan bahkan juga latar belakang budaya dan kebangsaan.

Berikut merupakan 10 kriteria kepala daerah yang diharapkan mampu menjadi sosok yang ideal bagi rakyat:

  1. Berprinsip dan Berkomitmen
  2. Memiliki Kredibilitas dan Kapabilitas sebagai Seorang Pemimpin
  3. Jujur dan Amanah
  4. Bertanggung jawab
  5. Bijaksana dan Adil
  6. Cerdas dan Berwawasan Luas
  7. Tegas
  8. Ikhlas
  9. Bersikap Realistis
  10. Mampu menjadi Motivator
    • Memiliki kepedulian kepada orang lain
    • Mampu menjadi pendengar yang baik
    • Mengajak kepada kebaikan
    • Mampu meyakinkan orang lain
    • Berusaha mengerti keinginan orang lain.

Kita berharap, pilkada pada 9 Desember 2015 akan bisa menghasilkan pemimpin yang memiliki 10 kriteria ideal ini. Partisipasi masyarakat, warga ono niha, untuk peduli dan menyukseskan pilkada ini sangat menentukan wajah kepulauan Nias 5 tahun ke depan.


Anda ingin menulis Jurnalisme Warga? Klik disini • Penyangkalan Jurnalisme Warga