KOMUNITAS

Undangan Pertemuan Nias Economic Forum

KOMUNITAS

0
540

JW-iconOleh Mezaro Ndraha
Lokasi Kota Solo Jawa Tengah


Sejak awal 2015, sekelompok Ono Niha yang berdomisili di wilayah eks-karesidenan Surakarta (Solo, Jawa Tengah), mengadakan pertemuan santai dan berbincang-bincang tentang keadaan ekonomi kepualauan Nias yang amat memprihatinkan, terutama jeritan para petani karet yang jauh dari pusat kota.

Perbincangan ini meluas menjadi pembicaraan tentang ekonomi Nias secara keseluruhan. Akhirnya, Mezaro Ndraha, selaku pencetus utama ide Nias Economic Forum (NEF) ditanggapi serius oleh Erdin Mendröfa yang berdomisli di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Sejak itulah akhirnya terjadi perbincangan lebih jauh tentang ekonomi Nias hingga kemudian Mezaro Ndraha menggagas dilaksanakannya NEF.

Singkat cerita, akhirnya dibentuklah panitia NEF yang dipimpin Mezaro Ndraha dan Erdin Mendröfa sebagai sekretaris bersama dengan Ono Niha lainnya yang ada di wilayah Surakarta. Tanggal pelaksanaan NEF, yaitu 20-21 Februari 2016 yang telah lama dipromosikan di online Facebook. Kegiatan ini bertempat di Hotel Asia Solo, Jawa Tengah.

Adapun tujuan diadakannya NEF adalah sebagai kontribusi riil Ono Niha perantauan terhadap gelombang perekonomian Nias yang masih belum memadai. Hal ini juga sebagai bagian dukungan Ono Niha yang terbeban terhadap program pemda setempat di kepulauan Nias. NEF akan mencari tahu dan mengambil langkah konkret sesuai dengan kemampuan forum untuk bertindak riil di kepulauan Nias kendati hal itu terlihat sepele dan kecil.

Sampai hari ini (14 Februari 2016), ternyata peserta NEF berasal dari Nias daratan (kepualauan), Medan, Bengkulu, Riau, DKI, Tengerang, Bekasi, Bandung, Bogor, Jogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, dan Kalimantan, semuanya akan bertemu di forum ekonomi Ono Niha di Solo dalam waktu dekat.

Panitia telah melayangkan surat undangan kepada pemerintah daerah dan DPRD, tetapi sampai sekarang belum tanggapan sama sekali, termasuk kami telah menyampaikan undangan kepada Bapak Yasonna Laoly via Marinus Gea, juga Firman Jaya Daeli, tetapi juga belum ada respons. Apa pun alasannya, mereka respons atau tidak merespons, forum ini akan tetap jalan. Ini bentuk komitmen Ono Niha yang sadar akan perubahan seutuhnya di kepulauan Nias secara positif.

Atas kehadiran NEF ini, akhirnya telah berdiri yayasan yang dikenal dengan nama Yayasan Harapan Masyarakat Kepulauan Nias (HMKN) Indonesia, diketuai Mezaro Ndraha dan Erdin Mendröfa sebagai sekretris. HMKN akan melakukan programnya sesuai rencana di kepulauan Nias ke depan.

Info lebih lanjut, silakan kunjungi www.yayasan-hmkn.com, www.mezaropower.com


Anda ingin menulis Jurnalisme Warga? Klik disini • Penyangkalan Jurnalisme Warga