Jalan Menuju Mbombo Aukhu Rusak

0
1205
Kondisi jalan menuju obyek wisata Mbombo Aukhu di Kecamatan Idano Gawo. —Foto: Nitema Mendröfa

IDANÖGAWO, KABAR NIAS – Kondisi jalan menuju obyek wisata pemandian air panas Mbombo Aukhu di Kecamatan Idanö Gawo rusak dan sulit dilalui kendaraan. Masyarakat meminta perhatian Pemkab Nias untuk membangun jalan tersebut agar obyek wisata di daerah itu tidak terbengkalai.

Pantauan Kabar Nias, Kamis (23/7/2015) jalan menuju obyek wisata Mbombo Aukhu digenangi air sehingga pengguna jalan tidak nyaman. Selain badan jalan berlubang juga bangunan pendukung seperti parit beton tidak berfungsi bahkan ada yang belum dibangun.

“Hampir satu tahun lamanya jalan ini rusak dan kondisinya sampai sekarang sangat parah. Sehingga pengunjung ke obyek wisata Mbombo Aukhu sudah berkurang, bahkan akhir-akhir ini obyek wisata tersebut tidak ada pengunjung karena akses jalan sulit dilalui kendaraan,” ujar Ama Yanti Zebua, warga desa setempat kepada Kabar Nias.

Selain itu, perbaikan pada obyek wisata Mbombo Aukhu juga perlu dilakukan. Sebab, sumber air panas di kolam renang di tempat wisata air itu sudah mengering. Diperlukan penanganan serius dari pihak Dinas Pariwisata Kabupaten Nias.

Sekitar dua tahun yang lalu, kata Ama Yanti, Dinas Pekerjaan Umum sudah memulai pembangunan jalan itu. Hanya yang dilakukan saat itu pelebaran jalan, pembentukan badan jalan, dan penghamparan kerikil disepanjang jalan.

“Kami masyarakat meminta kepada Pemerintah Kabupaten Nias melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) agar jalan menuju obyek wisata Mbombo Aukhu dapat diperhatikan pembangunannya. Dengan jalan sudah bagus maka obyek wisata Mbombo Aukhu tidak terbengkalai,” ungkapnya. [knc01w]