JAKARTA, KABAR NIAS — Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (Lapan) menyatakan siap mendampingi Pemerintah Kabupaten Nias Utara untuk mengembangkan sektor perikanan dan pertanian mulai dari perencanaan, pengembangan, hingga pemanfaatan sumber daya yang ada. Pendampingan itu mulai dengan penyediaan data, informasi penginderaan jauh, hingga pelatihan sumber daya manusia.

Deputi Bidang Penginderaan Jauh Lapan Dr. Orbita Roswintiarti, M.Sc, saat penandatanganan kerja sama dengan Kabupaten Nias Utara, Kamis (5/7/2018) di Jakarta, mengatakan, penginderaan jauh dibutuhkan dalam berbagai aspek, antara lain pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan, kemaritiman, kewilayahan, pertahanan dan keamanan, serta kepentingan strategis lainnya.

“Lewat penginderaan jauh ini, Pemerintah Kabupaten Nias Utara bisa merencanakan secara tepat program atau aktivitas apa yang bisa diterapkan di setiap lokasi dengan pertimbangan potensi dan daya dukung lingkungan lainnya,” kata Orbita.

Untuk diketahui, Pemerintah Kabupaten Nias Utara menandatangani kerja sama dengan Lapan yang meliputi pemanfaatan, pengembangan data dan informasi penginderaan jauh dalam mendukung serta mengoptimalkan pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Nias Utara. Penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dilakukan oleh Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara dan Deputi Bidang Penginderaan Jauh Lapan Orbita Roswintiarti di Kantor Pusat Lapan lantai IV, Jakarta, Rabu (4/7/2018).

Acara tersebut turut dihadiri dari Pihak Lapan, di antaranya, Sekretaris Utama Lapan Erna Sri Adiningsih. Adapun dari Pemerintah Kabupaten Nias Utara hadir Kepala Bappeda Kabupaten Nias Utara Yusman Zega dan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Nias Utara Sabar Jaya Telaumbanua.

Untuk Pemerintah di Kabupaten Nias Utara, kata Orbita, dapat diarahkan pada sektor kelautan dan perikanan, terutama dalam menentukan zona penangkapan ikan (fishing ground), kawasan budidaya perikanan, dan pemanfaatan kawasan lainnya, seperti wahana bahari untuk pariwisata.

Bupati Nias Utara M Ingati Nazara bersama jajaran Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional. —Foto Dokumentasi Dinas Perikanan Nias Utara

“Lapan akan menyediakan data harian dan mingguan tentang titik koordinat dan peta wilayah di mana nelayan dapat menangkap ikan. Selanjutnya untuk sektor pertanian kami dapat memantau dan menghitung luas sawah padi seluruh wilayah kabupaten suatu daerah, termasuk mengawasi perkembangan pertumbuhan padi hingga panen, dan pemetaan kawasan lahan strategis lainnya yang dibutuhkan oleh daerah,” ujarnya.

Mengawali pemanfaatan teknologi penginderaan jauh ini, Lapan melaksanakan pelatihan gratis bagi seluruh ASN daerah yang berkeinginan belajar setiap minggu pertama setiap bulannya dan selama waktu kerja sama selama 3 tahun ke depan.

Menggali Potensi dan Kerja Sama

Pada kesempatan itu, Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara menyampaikan pemerintah daerah berusaha terus menggali potensi unggulan di daerahnya, yakni perinakan dan pariwisata. “Karena itu, kami berusaha menggali potensi kami, yakni di perikanan dan kelautan, untuk dapat terus dikembangkan,” ujarnya.

Ditambahkan Sabar Jaya Telaumbanua, sebagai upaya dan antusiasme Pemerintah Kabupaten Nias Utara dalam menggali dan meningkatkan sektor ini, pihaknya menjalin kerja sama dengan beberapa pihak, salah satunya dengan Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional.

“Harapan kita, kerja sama dengan Lapan mampu membawa dampak besar terhadap Kabupaten Nias Utara, secara khusus pada sektor kelautan dan perikanan,” katanya.

Sabar Jaya mengharapkan dukungan dari masyarakat Nias Utara, terutama kelompok nelayanan. Semua ini dilakukan untuk memastikan para nelayan bisa meningkat kesejahteraan hidup mereka.

 

Berita Terkait

Korban Tenggelam di Pulau Te’u Akhirnya Ditemukan GUNUNGSITOLI, KABAR NIAS — Setelah dua hari hilang, Sudima Lase (40), warga Desa Ombölata, Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utara, ditemukan oleh nela...
Jalan Panjang dan Berliku Pengelolaan Perikanan di Pulau Ni... Oleh Apolonius Lase Kala berkunjung di Pulau Nias, Presiden Joko Widodo mengatakan, dua unggulan yang bisa dikembangkan di Kepulauan Nias, yakni pe...
KKP Menetapkan Sertipikasi Hak Atas Tanah di Pulau Wunga LOTU, KABAR NIAS — Untuk kepentingan kedaulatan negara, peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan penjaminan pelestarian lingkungan, Pemerintah Republ...
Potensi Budidaya Udang di Pulau Nias Perlu Dijajaki JAKARTA, KABAR NIAS — Kepulauan Nias dengan dikelilingi laut yang luas berpotensi besar di bidang perikanan, baik tangkap maupun budidaya. Budidaya ud...
Pencitraan Jarak Jauh Wilayah Perairan Nias Utara untuk Data... JAKARTA, KABAR NIAS — Pihak Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (Lapan) melakukan pengambilan gambar lewat pemotretan jarak jauh menggunakan drone ...