Saturday, April 27, 2024
BerandaKabar dari NiasPeringatin Hari Dharma Samudera, Lanal Nias Gelar Upacara Tabur Bunga

Peringatin Hari Dharma Samudera, Lanal Nias Gelar Upacara Tabur Bunga

Teluk Dalam, Kabar Nias – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Nias menggelar Upacara Tabur Bunga dalam rangka memperingatin Hari Dharma Samudera. Upacara yang dilaksanakan dipelabuhan baru Teluk Dalam, Senin (15/1/2024) dipimpin oleh Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha, S.H., M.H.

Peringatan Hari Dharma Samudera sebagai bentuk penghormatan terhadap pengorbanan Komodor Yos Sudarso dan awak KRI Macan Tutul dalam Pertempuran Laut Aru pada tahun 1962 melawan pasukan Belanda untuk membebaskan Irian Barat.

Kegigihan dan pengorbanan mereka menjadi sumber inspirasi dalam perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha, S.H., M.H., dalam sambutannya menyampaikan bahwa pentingnya mengenang dan menghormati para pahlawan yang gugur dan berkorban dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan NKRI.

“Upacara tabur bunga ini merupakan bentuk penghormatan bagi para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan dan merebut kemerdekaan NKRI, khususnya para pahlawan laut yang gugur dalam Pertempuran Laut Aru pada tanggal 15 Januari 1962 dalam pembebasan Irian Barat dari tangan Belanda,” terang Hilarus Duha.

peristiwa pertempuran laut yang berpuncak di Laut Aru pada tanggal 15 Januari 1962 ditetapkan sebagai Hari Dharma Samudera untuk mengenang kepahlawanan dan pengorbanan patriot dalam berbagai pertempuran laut demi membela kehormatan dan harga diri bangsa.

Hilarius Duha berharap peringatan ini hendaknya dijadikan sebagai momentum membangkitkan kembali tekad dan semangat prajurit, agar tetap tegar dan pantang menyerah menghadapi berbagai tantangan.

“Kita berharap semua prajurit dapat mengaplikasikan nilai perjuangan, patriotisme, kepahlawanan dan teladan yang diwariskan para pendahulu. Sebagai kontribusi positif dan karya nyata segenap prajurit matra laut, dalam pengabdian kepada bangsa dan negara, serta demi terwujudnya TNI Angkatan Laut handal, disegani dan berkelas dunia” Harap Hilarius

Baca juga:  Kapal Pesiar Caledonian Sky Singgah di Telukdalam, Perajin Senang

Dalam acara tersebut turut hadir Kapolres Nias Selatan AKBP Boney Wahyu Wicaksono, S.I.K, Danpatkamla 1-II-14 Teluk Dalam, Kasipidsus Herianto., S.H., M.H., Danramil 12/Teluk Dalam, Kasat Pol Airud Teluk Dalam, Kadis Perhubungan Nias Selatan, Ketua TP PKK Nias Selatan, Ketua Jalasenasti Cabang 5 Korcab II DJA 1, dan para tamu undangan lainnya.

RELATED ARTICLES

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments