LOTU, KABAR NIAS — Dinas Perikanan Kabupaten Nias Utara melalui Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Wunga Harapan Jaya mengembangkan pusat pembibitan budidaya rumput laut di Pulau Wunga, Desa Afulu, Kecamatan Afulu, Tahun Anggaran 2018.

Kepada Kabar Nias, Kepala Dinas Perikanan Nias Utara Sabar Jaya Telaumbanua mengharapkan pusat pembibitan budidaya rumput laut ini bisa menjadi penunjang kesejahteraan masyarakat. “Diharapkan hal ini menjadi cikal bakal pengembangan ekonomi alternatif bagi masyarakat pesisir di Kabupaten Nias Utara,” ujar Sabar Jaya.

Menurut salah seorang warga Pulau Wunga—sekaligus Ketua Kelompok Pembudidaya Rumput Laut di Pulau Wunga—Iwan Setiawan Aceh mengatakan bahwa sejauh ini kelompoknya sudah membudidayakan rumput laut seluas satu hektar.

Penampakan rumput laut yang sedang dibudidayakan kelompok nelayan di Pulau Wunga pimpinan Iwan Setiawan Aceh.

“Ini sebagai percontohan budidaya rumput laut di Pulau Wunga. Perkiraan panen untuk luas 1 hektar diperkirakan mencapai 2,4 ton. Direncanakan, 70 persen hasil panen akan kembali dijadikan bibit lagi untuk ditanam dengan areal yang lebih luas,” ujarnya.

Iwan mengatakan, kelompoknya akan terus berupaya untuk bisa menghasilkan bibit rumput laut untuk dipasok kepada kelompok pembudidaya lain.