Retas Keterisolasian di Kabupaten Nias, TNI Buka Jalan 6.000 Meter

TMMD 2019

0
258
Seorang anggota TNI dari Kodim 0213/Nias memantau pelaksanaan TMMD Ke-104 Tagaule, Bawalato, Kabupaten Nias. —Foto: Dokumentasi Kodim 0213/Nias (Via Sertu E. Harefa)

GUNUNGSITOLI, KABAR NIAS — Tentara Nasional Indonesia (TNI) kembali melaksanakan operasi militer nonperang di Kabupaten Nias dengan membuka jalan di kawasan Soziona (Sömi-Bozihöna-Onolimbu-Nalawö) di Kecamatan Bawalato, Kabupaten Nias. Program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) K-104 ini dikomandoi oleh Komandan Kodim 0213/Nias Letkol (Inf) Yohanes Reymond Raja Sulung Purba, SH, sebagai Komandan Satuan Tugas.

Letkol (Inf) Yohanes Reymond Raja Sulung Purba, SH

“Sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat, TNI bekerja sama dengan pemerintah daerah Kabupaten Nias melaksanakan kegiatan TMMD Ke-104 dengan melaksanakan kegiatan fisik dan nonfisik. Kegiatan sejenis ini telah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya bersama Pemerintah Kabupaten Nias. Pada tahun ini kegiatan fisiknya, yakni membuka badan jalan Desa Tagaule menuju Balaletoba’a sepanjang 6.000 meter, menggali parit di kanan-kiri jalan sepanjang 12.000 meter, serta mengecat rumah ibadah,” kata Reymond kepada Kabar Nias, Senin (25/2/2019).

Nonfisik

Selain kegiatan fisik, kata Reymond, pada TMMD 2019 ini pihaknya juga mengerjakan kegiatan nonfisik, yakni melakukan berbagai penyuluhan kepada masyarakat setempat terkait hukum, keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), kesehatan, mitigasi bencana, dengan melibatkan instansi terkait.

Dari informasi yang diperoleh Kabarnias.com dari Satgas TMMD 2019, pembiayaan program TMMD 2019—yang akan segera dibuka secara resmi pada 26 Februari 2019—ini sebesar Rp 1.550.000.000 bersumber dari APBD 2019 Kabupaten Nias. Bupati Nias Sökhi’atulö Laoli, dalam dialog interaksi dengan RRI Gunungsitoli beberapa waktu lalu, berjanji jika anggaran itu kurang, akan kembali diusulkan pada PAPBD 2019.

150 Personel

Menurut Reymond, sesuai dengan keputusan dari komando atas, pengerjaan program TMMD 2019 ini mengerahkan 150 personel TNI dan Polri. “Ada dari TNI AU, AD, AL, dan Polri. Dari TNI didatangkan dari dari Batalyon 123 Rajawali dari jajaran Korem 203 Kawal Samudra. Tugasnya nanti melaksanakan kegiatan pada sasaran fisik dan nonfisik,” kata Reymond.

Selain itu, sebagai bentuk kemanunggalan TNI dengan masyarakat, personel yang bertugas dalam TMMD 2019 akan menginap di rumah-rumah warga. “Dengan begitu, personel TNI/Polri sekaligus bisa membantu keluarga di mana mereka tinggal dalam bidang apa pun sehingga setiap personel ini menyatu dengan masyarakat,” kata Reymond.

Hingga berita ini ditulis, dari total 6.000 jalan yang akan dibuka, 1.150 meter telah diselesaikan pada masa pra-TMMD 2019. “Penyelesaian 1.150 meter ini dikerjakan oleh 5 personel Kodim 0213/Nias dibantu 5 warga. Menurut rencana, tanggal 26 Februari, pelaksanaan TMMD Ke-104 Tahun Anggaran 2019 ini akan dibuka secara resmi oleh Komandan Korem 023 Kawal Samudra Kol (Inf) Tri Saktiyono,” ujar Sertu Elifati Harefa kepada Kabar Nias, Senin pagi.

Berita Terkait

Pasangan Saro Unggul di Kabupaten Nias JAKARTA, KABAR NIAS — Sesuai dengan penghitungan riil (real count) yang dilakukan oleh tim pemenangan pasangan nomor urut 3 Pilkada Kabupaten Nias, ya...
Polres Nias Tunggu Hasil Audit Inspektorat GUNUNGSITOLI, KABAR NIAS — Kepolisian Resor Nias akan segera melakukan gelar perkara kasus dugaan penggelapan uang Rp 1,2 miliar oleh Bendahara IKIP G...
Si’öfa’ewali Selatan, Desa Pemekaran yang Terisolasi... BAWOLATO, KABAR NIAS — Sudah empat tahun Desa Si’öfa'ewali Selatan mekar dari Desa Si’öfaewali, Kecamatan Bawölato, Kabupaten Nias. Namun, hingga kini...
Dua Pasangan Calon Serahkan Berkas di KPU Nias GUNUNGSITOLI, KABAR NIAS — Dua pasangan calon bupati-calon wakil bupati Nias, yaitu Sökhi'atulö Laoli-Arosökhi Waruwu dengan julukan "SARO", dan Happy...
Hercules Pembawa Pembangkit Listrik dari Jakarta Mendarat di... GUNUNGSITOLI, KABAR NIAS — Mesin pembangkit listrik berkapasitas 7 megawatt, yang sedianya didaratkan di Bandara Binaka menggunakan pesawat Hercules d...