INSIDEN KEBAKARAN

Satu Rumah dan Lima Kamar Indekos Terbakar di Mo’awö

0
907
Petugas TNI terlihat membantu pemadaman api yang melahap rumah milik Yulius Telaumbanua, Selasa (2/2/2016). —Foto: Onlyhu Ndraha

GUNUNGSITOLI, KABAR NIAS — Sebuah rumah dan lima kamar indekos ludes terbakar di Jalan Yos Sudarso Km 3,4, Mo’awö, Gunungsitoli, Selasa (2/2/2016) sekitar pukul 11.00. Penyebab kebakaran belum diketahui.

Pihak kepolisian, petugas TNI, dan warga terlihat berusaha memadamkan api menggunakan selang seadanya. Hanya dalam waktu sekitar 30 menit, api langsung meluluhlantakkan rumah tersebut.

Informasi yang dikumpulkan Kabar Nias, pemilik rumah tersebut, Yulius Telaumbanua alias Ama Ica Telaumbanua, tidak berada di rumah saat kebakaran terjadi. Kabar Nias yang berada di lokasi melihat api lebih dulu membakar bagian belakang rumah.

“Karena pemilik tidak berada di rumah, sedang pergi bekerja, pihak kepolisian dan warga kesulitan dalam menyelamatkan barang-barang yang ada di dalam rumah,” ujar Hatöli Lase, salah seorang saksi mata.

Kepala Bagian OPS Polres Nias Delami Shaleh, yang berada di lokasi, memperkirakan kerugian mencapai ratusan juta rupiah. “Kebakaran ini menghanguskan 1 rumah dan 5 kamar indekos.

Pihak kepolisian berjanji akan melakukan penyelidikan terkait kebakaran itu.

Pengamatan Kabar Nias, tim pemadam kebakaran dari BPBD Kota Gunungsitoli menurunkan 2 unit mobil, BPBD Kabupaten Nias 1 unit. Dibantu personel TNI 0213/Nias, anggota Polres Nias memadamkan api. Namun, kencangnya tiupan angin serta kemarau beberapa hari ini mempercepat kebakaran.

Menurut catatan Kabar Nias, kebakaran di Gunungsitoli terakhir terjadi pada Jumat, 7 Agustus 2015, pukul 04.15, tujuh rumah milik warga, termasuk ruko, di Afilaza, di Jalan Sudirman, Kota Gunungsitoli, terbakar. (Baca: Ini Catatan Kebakaran di Gunungsitoli Selama 2011-2015) [knc02w]