JAKARTA, KABAR NIAS — Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) memberikan apresiasi Indriya Mandrawa Tahun 2019 kepada Pemerintah Kabupaten Nias Utara, melalui Dinas Perikanan, karena telah memanfaatkan data dan informasi penginderaan jauh selama tahun 2018 dalam pengembangan potensi daerahnya, terutama di bidang perikanan dan kelautan. Penyerahan apresiasi ini akan digelar di Birawa Hall, Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu, 30 Januari 2019.

“Kami diundang untuk menerima apresiasi dari Lapan karena selama 2018 kami telah memanfaatkan hasil penelitian Lapan berupa data dan informasi penginderaan jauh,” kata Kepala Dinas Perikanan Nias Utara Sabar Jaya Telaumbanua, kepada Kabarnias.com, Jumat (25/1/2019).

Dari siaran pers yang diterima Kabarnias.com dari Dinas Perikanan Nias Utara, dalam Rapat Koordinasi Nasional Citra Satelit Penginderaan Jauh Tahun 2019 bertema “Penyelenggaraan Kegiatan Penginderaan Jauh untuk Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Era Industri 4.0”, Lapan akan memberikan apresiasi kepada Pemkab Nias Utara bersama 51 pemkab/pemkot lainnya se-Indonesia.

Dalam waktu bersamaan, menurut Sabar, Lapan akan meluncurkan SPACeMAP, yakni Sistem Penyajian Data yang Cepat, Mudah, Aman, dan Populer serta Sipandora, yakni Sistem Pemantauan Bumi Nasional Berbasis Android.

Seperti diketahui, Pemkab Nias Utara telah mengadakan kerja sama dengan Lapan dalam penginderaan jauh semua potensi yang dimiliki oleh Pemkab Nias Utara, terutama potensi perikanan dan kelautan.