JAKARTA, KABAR NIAS — Festival kuliner khas dari Kepulauan Nias akan digelar di sekitar Bundaran Hotel Indonesia, Minggu (31/3/2019) pukul 06.00 hingga 11.00, bertepatan dengan pelaksanaan hari bebas kendaraan bermotor atau car free day. Festival ini akan diramaikan dengan pertunjukan budaya Nias termasuk lagu-lagu daerah dan dikoordinasi sepenuhnya oleh Pemuda Peduli Nias (PPN).

Menurut siaran pers yang diterima Kabar Nias dari panitia, pelaksanan festival ini bertema  “Festival Jajanan Nias” ini merupakan yang ketigakalinya setelah pada 2017 dan 2018 sukses digelar di tempat yang sama.

Pada festival ini, para pengunjung akan dihibur oleh atraksi budaya berupa tari perang dan lompat batu oleh Sanggar Fetua. Adapun lagu-lagu Nias akan didendangkan oleh Owo Voice dan penyanyi Nias, Monalisa Zalukhu.

Ketua Panitia acara itu, Hikmat Dachi, menjelaskan, latar belakang pengadaan acara itu di antaranya, karena minimnya pengetahuan generasi muda Nias dan masyarakat luas tentang keragaman jajanan kuliner daerah Nias.

“PPN berharap, kegiatan ini menjadi langkah awal yang tepat untuk memperkenalkan keanekaragaman jajanan makanan khas Kepulauan Nias kepada publik, terlebih yang menyukai dunia pariwisata. Selain itu, festival ini juga mengangkat ekonomi rumahan serta mewariskannya kepada generasi muda,” ujar Hikmat.

Mendukung Pariwisata

Sementara itu, Ketua Umum Pemuda Peduli Nias Evan Zebua mengatakan, pengenalan jajanan khas Kepulauan Nias berperan penting dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah itu.

“Melalui acara ini kami mengajak masyarakat untuk sadar bahwa ada potensi lain untuk meningkatkan wisatawan ke Kepulauan Nias, selain budaya dan alamnya yang sudah terkenal, yaitu berupa potensi kuliner. Ini sekaligus membantu masyarakat kecil untuk mendapatkan penghasilan tambahan serta menghasilkan produk kreatif dari kuliner,” ujarnya.

Lewat acara ini, kata Evan, masyarakat Nias di Jabodetabek yang memiliki usaha kuliner khas Nias bisa menjanjakan produk kulinernya. Ada beberapa makanan khas Nias yang sudah didaftarkan kepada panitia, yang akan dijajakan dalam pameran itu, yaitu köfö-köfö, belo-belo, babae, gaolo bekhu dan harinakhe.

“Masyatakat Nias yang ingin berpartisipasi menjual aneka ragam kuliner dan kerajinan tangan khas Nias di kegiatan itu silakan menghubungi Rahmat di 085296352476,” kata Evan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai acara ini, silakan menghubungi Hikmat: 0877-7713-0024 dan Rahmat: 085296352476.