Klip pendek berdurasi 2:30 menit ini adalah karya André de la Varre (1904-1987), seorang pembuat film terkemuka. Dia mengunjungi Sumatra pada tahun 1932 dan sempat berkunjung ke Nias. Di Nias, André mengabadikan atraksi Fahombo Batu, Maluaya dan Famanu-manu dibeberapa kampung seperti Bawömataluo dan Orahili.

André de la Varre memulai karirnya pada tahun 1919, di umur 17 tahun. Di tahun 1924 dia kemudian bergabung dengan Burton Holmes dan mulai bertualang keliling dunia untuk membuat film. Klip tentang Nias diatas adalah bagian dari seri film pendek karya André yang diberi titel “Screen Traveller”. Andre terus bertualang dan membuat film selama empat puluh tahun ke depan dan meninggal di Wina, Austria pada usia 87 tahun.

  • Amati Dachi

    Orang yg mencintai budayanya sendiri berarti orang yg tidak malu akan dirinya….Amati Dachi.

  • Ritueli Daeli

    Terimakasih banyak dengan ditemukannya documentary video ini, Ini merupakan harta besar bagi saya. Saya suka bertanya-tanya seperti apa para leluhur kita dulu. video Nias di tahun 1932

    ini cukup membuatku puas.

    Tapi kalau saya bandingkan dengan pakaian yang sedang mreka pakai pada saat Maluaya sangat berbeda dengan sekarang. boleh saya tau pakaian dan topi mereka itu terbuat dari bahan apa?

    Ya'ahowu!!!
    Salam Ono Niha