APA & SIAPA

Simon dan Oren Kini Menatap Papua…

0
486

Sabtu, 29 Oktober 2016, adalah hari bersejarah dalam perjalanan hidup Oren Novtikasari Dachi dan Simon Ray Cantasman Sarumaha. Betapa tidak, dua remaja ini asal Nias Selatan ini diumumkan menjadi pemenang dalam ajang Pemilihan Duta Pariwisata Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2016, yang diselenggarakan di Hotel Polonia, Medan. Mereka berdua akan mewakili Sumatera Utara untuk pemilihan tingkat nasional yang diselenggarakan di Papua, pada 28 November hingga 3 Desember 2016.

Oren dan Simon, yang sama-sama studi dan satu kelas di SMK Negeri 1 Telukdalam, Nias Selatan, itu mengharumkan nama Pulau Nias, Nias Selatan, mengangkat nama sekolah serta membanggakan orangtua dan keluarga mereka masing-masing.

“Sungguh sebuah anugerah yang begitu besar buat kami dari Nias Selatan. Kami begitu senang karena Oren dan Simon telah menampilkan batas kemampuan mereka. Jerih payah selama ini berbuah manis. Semoga ini awal dari kebangkitan pariwisata di Kabupaten Nias Selatan,” kata Anggreani Dachi, Kepala Bidang Pariwisata Kabupaten Nias Selatan, yang setia mendampingi keduanya selama pelaksanaan acara tersebut.

Simon dan Oren berfoto bersama dengan Kabid Pariwisata Kabupaten Nias Selatan sesaat setelah peneguhan keduanya menjadi Duta Pariwisata Sumatera Utara, di Hotel Polonia, Medan, Sabtu (29/10/2016). Foto: Dokumentasi Anggreani Dachi
Simon dan Oren berfoto bersama dengan Kabid Pariwisata Kabupaten Nias Selatan sesaat setelah peneguhan keduanya menjadi Duta Pariwisata Sumatera Utara, di Hotel Polonia, Medan, Sabtu (29/10/2016). Foto: Dokumentasi Anggreani Dachi

Anggreani menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung Oren dan Simon. “Doakan perjuangan untuk tingkat nasional sehingga Oren dan Simon bisa meraih hasil yang terbaik. Kami sangat berterima kasih atas semua dukungan yang telah diberikan oleh berbagai pihak. Bapak Bupati Nias Selatan Hilarius Duha juga terus menyemangati Oren dan Simon untuk terus mempersiapkan diri untuk ajang yang lebih tinggi di Papua,” kata Anggreani kepada Kabar Nias.

Siswa Berprestasi

Oren Novtikasari Dachi yang lahir di Hilisimaetanö pada 24 November 1999, memilih menimba ilmu pariwisata dengan masuk Jurusan Usaha Perjalanan Wisata di SMK Negeri 1 Telukdalam. Anak dari pasangan Ohitö Dödö Dakhi dan Martin Reni Ziraluo mencatatkan sederet prestasi. Pada tahun 2015, ia pernah menjadi juara pada lomba cipta dan baca puisi dalam peringatan Hari Anak Nasional 2015.

Pada tahun yang sama, dia juga pernah menjadi pemenang ketiga lomba pidato bahasa Inggris dalam kegiatan pentas seni di sekolahnya.  Di bidang akademik, Ketua OSIS periode 2015-2016 ini meraih juara II umum. Selain itu, pada 2014, Oren juga terpilih sebagai salah satu penyiar RRI sekolahnya. Pernah menjadi peserta English Presentation Skill tingkat provinsi serta meraih juara II pada ujian praktik kejuruan di SMKN 1.

Anggota Paskibra tingkat Kabupaten Nias Selatan 2015 ini terpilih sebagai juara Duta Wisata Kabupaten Nias Selatan 2016 yang mengantarkannya menjadi Duta Wisata Sumut 2016.

Tak kalah dari Oren, Simon Ray Cantasman Sarumaha, yang lahir di Siwalawa pada 9 November 1999, juga menorehkan berbagai prestasi, antara lain, juara 2 lomba pidato Hari Anak Nasional; juara 1 kelas dan umum (kelas I-II) SMKN 1 Telukdalam. Ia juga bersama Oren menjadi juara 1 duta wisata Kabupaten Nias Selatan.

Prestasi lainnya, pernah menjadi juara IV vocal group tingkat provinsi, penyiar RRI sekolah SMKN 1 Telukdalam (2014), peserta lomba English Presentation Skill tingkat provinsi, juara I ujian praktik kejuruan (Jurusan Usaha Perjalanan Wisata).

Putra dari Seksama Sarumaha ini tengah bersiap menghadapi kontestasi pemilihan Duta Pariwisata tingkat nasional bersama Oren. Mereka berdua mengaku sangat senang dan mereka memohon doa restu.

Baik Oren maupun Simon mengaku sangat senang dengan perhatian yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Nias Selatan. Hal itu terlihat saat Bupati Nias Selatan mengundang keduanya di rumah dinas bupati untuk ramah tamah yang juga dihadiri oleh Putri Pariwisata Kepulauan Nias Deslina Dachi, muspida, anggota DPRD, kepala sekolah dan guru  SMKN 1 Telukdalam, semua kepala SKPD, dan orangtua Oren, Simon, dan Deslina.

Kita mendoakan langkah Oren dan Simon dimudahkan untuk bersaing di tingkat nasional. Mari kita berikan dukungan kepada dua adik kita ini untuk lebih sukses. Maju terus dan tetap rendah hati serta menjadi inspirasi bagi yang lain. [knc01r]

BAGIKAN
Berita sebelumyaHilarius Duha: Pungli adalah Gaya Hidup Buruk
Berita berikutnyaAlumni Nias di Yogyakarta Kumpul Lagi, 26-27 November
Apolonius Lase

Lahir di Desa Hiligara, Kecamatan Gunungsitoli Selatan, Kota Gunungsitoli. Saat ini berdomisili di Jakarta. Bekerja di harian Kompas sejak 1996. Menyukai hal-hal tentang bahasa, termasuk bahasa Nias. Sebuah kamus, “Kamus Li Niha (Nias Indonesia)” telah diterbitkan oleh Penerbit Buku Kompas (2011). Menulis dan menyunting beberapa buku biografi. Menjadi narasumber di beberapa diskusi, lokakarya, dan seminar terkait kebahasaan dan jurnalistik. | Twitter: @apollolase; E-mail: apollolase@gmail.com