KONSULTASI REMAJA PKPA

Mimpi Basah, Berbahayakah?

0
1012

Dari NN
Domisili: Jakarta, orangtua dari Nias

Dear Kak Dewi dan Kak Idham.

Usia saya 14 tahun. Saya sudah kelas III SMP. Pernah suatu hari celana dalam saya basah tanpa disadari saat bangun pagi. Apakah itu yang dinamakan mimpi basah? Berbahayakah mimpi basah itu? Bisa diceritakan bagaimana proses mimpi basah terjadi?

Terima kasih ya Kak.


Jawaban:

Hallo NN. Terima kasih atas pertanyaan yang sangat bagus ini.

Ketika memasuki masa pubertas, remaja pria akan mengalami mimpi basah. Tidak jarang, mimpi erotis semacam itu juga dialami pria dewasa. Namun apa sebenarnya mimpi basah dan bagaimana dengan intensitas mimpi basah yang wajar?

Mimpi basah atau nocturnal emission adalah ejakulasi yang terjadi pada saat seorang pria tertidur. Umumnya pada saat itu, pria bermimpi melakukan hubungan seksual. Ejakulasi saat mimpi basah bisa terjadi tanpa rangsangan tertentu.

Mimpi basah tergantung dari respons fisik orang yang mengalami mimpi tadi. Peristiwa ini adalah mekanisme yang alami akibat vesikula seminalis (kantong sperma) telah penuh dengan sperma yang dihasilkan oleh testis. Akibatnya kantong sperma yang telah penuh tidak bisa menampung lagi, dan akhirnya dikeluarkan melalui penis pada saat seorang laki laki mengalami mimpi basah.

Mengawali Masa Remaja

Mimpi basah umumnya mulai diawali pada masa-masa menjelang remaja. Saat itu tubuh mulai memproduksi hormon testosterone, yang akan menghasilkan sperma.

Pada masa itu, tubuh remaja mengalami beberapa perubahan secara alami. Sekitar usia 13 tahun, penis pada remaja pria mulai berkembang dan memanjang. Testikel juga mengalami perkembangan. Bersamaan dengan perubahan tersebut, remaja juga akan mengalami pertumbuhan rambut kemaluan yang makin tebal dan menyebar pada sekitar alat kelamin.

Selain itu, remaja pria juga biasanya akan mengalami perubahan suara dan mengalami pertumbuhan massa otot. Tinggi badan bertambah sekitar 7-8 cm per tahun. Saat inilah, umumnya remaja pria mulai mengalami mimpi basah.

Faktor Usia

Berapa kali seseorang mengalami mimpi basah sangatlah bervariasi. Bagi pria belum menikah yang berusia 15-40 tahun, rata-rata mengalami mimpi basah satu kali tiap 3-5 minggu. Sementara bagi pria yang sudah menikah antara usia 19-50 tahun, rata-rata mengalami mimpi basah satu kali tiap 4-8 minggu.

Salah satu yang menjadi pemicu mimpi basah adalah minimnya aktivitas seksual, terutama pada pria yang belum memiliki pasangan. Seberapa sering seorang pria mengalami mimpi basah diduga juga berkaitan dengan masturbasi. Secara umum, mimpi basah paling banyak dialami pria yang jarang melakukan masturbasi.

Frekuensi mimpi basah biasanya akan makin jarang dialami seiring dengan pertambahan usia. Namun sebagian pria yang berusia 60-70 tahun ternyata masih mengalami mimpi erotis semacam ini.

Tidak Berbahaya

Mimpi basah yang menyebabkan ejakulasi pada pria, tidaklah berbahaya bagi tubuh. Beberapa anggapan yang berkembang seputar mimpi basah, seperti memperlemah tubuh hingga memperpendek usia, sama sekali tidak benar.

Mimpi basah merupakan respons normal dan alami tubuh terhadap perubahan hormonal, sebagaimana haid pada tubuh wanita. Mimpi ini tidak memiliki risiko kesehatan maupun gangguan kesuburan di masa yang akan datang.

Penting untuk menjaga kebersihan bagian kemaluan setelah mimpi basah. Saat terbangun, gunakan air dan sabun untuk membilas dengan seksama.

Terutama pada remaja, mimpi basah kerap memicu rasa malu, bingung atau rasa tidak nyaman lainnya, padahal tidak perlu demikian karena pengalaman ini bersifat normal. Untuk itu diperlukan bimbingan orang tua, konselor, atau pihak lain yang dapat dipercaya guna membicarakan tentang kondisi ini lebih lanjut.

Fakta-Fakta Menyangkut Mimpi Basah

Dalam ilmu kedokteran banyak ditemukan fakta menyangkut mimpi basah ini dan sebagian besar diketahui berkat hasil penelitian dari sejumlah pakar. Di antaranya adalah :

  • Penyebab terjadinya mimpi basah salah satunya adalah karena vesikula seminalis atau kantung sperma telah penuh dan butuh pelepasan yang mana akan semakin mudah terjadi ejakulasi jika disertai dengan ransangan dalam pikiran dan gesekan dari benda yang menempel pada alat vital, seperti bantal dan selimut.
  • Wanita juga bisa mengalami mimpi basah, sekalipun jarang terjadi karena bentuk alat vitalnya yang tidak menonjol keluar, berbeda dengan pria yang berada di luar dan lebih mudah mengalami rangsangan akibat gesekan. Namun, ini lebih banyak terjadi akibat rangsangan dari pikiran yang memikirkan hal yang berbau ‘erotis’.
  • Pria dengan umur antara umur 15 sampai 20 tahun dapat mengalami emisi nokturnal (mimpi basah) antara 1 hingga 2 kali dalam setahun.
  • Kebanyakan perempuan yang mengalami mimpi seperti ini akan lupa saat ia terbangun dari tidurnya, itu pula alasannya mengapa banyak yang mengatakan bahwa perempuan tidak bisa mengalaminya, di samping tandanya juga kurang jelas karena cairan yang keluar tidak banyak.
  • 80% pria di dunia ini setidaknya mengalami mimpi erotis minimal sekali dalam hidupnya. Jadi bisa dikatakan 8 dari 10 laki-laki pernah mengalaminya.
  • Ketegangan dan tingkat stres yang tinggi pada pekerja memungkinkan mereka untuk mengalami mimpi seperti ini, sehinga solusi untuk mengatasi ini adalah dengan banyak melakukan relaksasi, terutama di hari libur.

Demikian ulasan tentang mimpi basah, semoga bermanfaat untuk NN dan juga pembaca yang lainnya.

Salam Idham


Ingin berkonsultasi tentang dunia remaja? Silakan kunjungi Rubrik Remaja PKPA