PENINGKATAN MUTU SEKOLAH

Wakil Wali Kota Gunungsitoli Lantik 18 Kepala Sekolah

0
417
Pelantkan pejabat fungsional pemerintahan Kota Gunungsitoli. Foto Kabarnias.com/Onlyhu Ndraha

GUNUNGSTOLI, KABAR NIAS — Wakil Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli melantik pejabat fungsional di aula Samaeri Lantai II kantor Wali Kota Gunungsitoli, Jumat (5/8/2016). Sebanyak 18 orang dari 27 orang yang dilantik merupakan kepala sekolah SMP dan SMA. Diharapkan, per triwulan, para pejabat fungsional ini membuat laporan perkembangan pendidikan dan disampaikan kepada pemerintah daerah.

Saat menyampaikan arahan dan bimbingan, Sowa’a mengatakan, kepercayan yang diberikan kepada pejabat yang baru dilantik tidak hanya bertanggung jawab kepada pemerintah dan masyarakat, tetapi juga kepada Tuhan Yang Maha Esa. Untuk itu, kepala sekolah yang baru dilantik segera membenahi masalah pendidikan agar hak masyarakat terpenuhi dan sekolah di desa bisa sebanding dengan sekolah yang ada di kota.

“Jadilah agen perubahan di tempat kerja baru Anda,” ujar Sowa’a dalam arahannya.

Melaporkan Data Sekolah

Sowa’a juga mendesak Dinas Pendidikan Kota Gunungsitoli melalui unit pelaksana teknis (UPT) di setiap kecamatan melaksanakan serah terima Sabtu dan Senin (8/8/2016) terhadap kepala sekolah baru agar dapat langsung melaksanakan tugas.

“Lalu dua minggu ke depan, mereka sudah harus melaporkan kondisi riil sekolah, termasuk guru, gedung, dan anak didik. Sementara sekali tiga bulan kami akan mengevaluasi kinerja pejabat fungsional tersebut,” ujarnya.

Kepala sekolah yang baru dilantik, menurut mantan Ketua DPRD Kota Gunungsitoli itu, merupakan pegawai yang andal di bidangnya. Ia menyatakan bahwa penempatan mereka tanpa unsur politik.

“Pelantikan ini sebagai salah satu bagian menyukseskan program rayonisasi yang tengah berjalan. Oleh karena itu, sekolah di Gunungitoli Barat dan Gunungsitoli Alo’oa dan di tempat lainnya yang selama ini tidak diminati masyarakat, dengan adanya pejabat baru, kualitasnya bisa meningkat. Kita menginginkan, sekolah di desa setara dengan sekolah yang di kota,” ujar Sowa’a.

Lebih khusus untuk SMA Negeri Unggulan Sukma, dengan kepala sekolah yang baru dilantik Dr. Fa’aso Ndraha, M.Pd, Sowa’a berpesan, harus mampu meningkatkan kualitas pendidikan sehingga lulusan sekolah itu tidak diragukan. “Kalau bisa SMA Sukma Negeri Unggulan Sukma ini setara dengan unggulan lainnya di kota besar yang ada di Indonesia,” ujarnya.

Mereka yang dilantik adalah Kepala SMPN 5 Gunungsitoli Oktrianus Harefa, Kepala SMPN 1 Gunungsitoli Idaman Zendratö, Kepala sekolah SMP Negeri 2 Gununggsitoli Angeragö Telaumbanua, Kepala SMPN 8 Gunungsitoli Hidayat Harefa, Kepala SMPN 2 Gunungsitoli Barat Irawati Hondrö, Kapala SMPN 1 Alo’oa Masariang Zendratö.

Kepala SMPN 4 Gunungsitoli Edison Lase, Kepala SMA Negeri 1 Gunungsitoli Tönaziduhu Zebua, Kepala SMA N 1 Gunungsitoli Utara Selamat Telaumbanua, Kepala SMA Negeri Unggulan Sukma Dr. Fa’aso Ndraha. Dalam kesempatan itu, beberapa guru kelas juga dilantik. [knc02w]