ANGGARAN PENDIDIKAN

Penggunaan Dana BOS TA 2017 SMA Negeri 1 Sirombu Disosialisasikan

0
36
Suasana sosialisasi dana BOS di SMA Negeri 1 Sirombu. —Foto: Kabarnias.com/Aminudin Hia

SIROMBU, KABAR NIAS — SMA Negeri 1 Sirombu melakukan sosialisasi sasaran penggunaan dana bantuan operasional sekolah BOS triwulan I dan II tahun anggaran 2017 kepada masyarakat sekolah yang dilaksanakan pada hari Sabtu (12/8/2017), bertempat di ruang kantor guru SMA Negeri 1 Sirombu. Semua pemangku kepentingan berhak mengetahui informasi terkait penggunaan dana BOS.

Rapat sosialisasi program sasaran penggunaan dana BOS ini turut dihadiri pengurus komite, mewakili orangtua siswa, guru, dan pegawai SMA Negeri 1 Sirombu.

Dalam sambutannya, Ketua Tim Manajer BOS SMA Negeri 1 Sirombu Feresi Daeli menyampaikan rapat sosialisasi program sasaran penggunaan dana BOS dilakukan agar seluruh masyarakat sekolah dapat mengetahui dan memahami sasaran penggunaan dana BOS pada triwulan I dan II di SMA Negeri 1 Sirombu 2017.

“Pelaksanaan rapat sosialisasi ini dilakukan sesuai dengan peraturan Menteri Pendidikan Nasional dan Kebudayaan RI Nomor 8 Tahun 2017 tentang Petunjuk Teknis Penggunaan Dana Operasional Sekolah, yang salah ketentuannya adalah mulai dari perencanaan, pengelolaan dana BOS harus mengikut sertakan dan atau melibatkan seluruh masyarakat sekolah dengan menerapkan prinsip efisien, efektif, akuntabel dan transparan,” ujarnya.

Lewat acara ini diharapkan masyarakat sekolah tidak ada yang berprasangka buruk yang dapat menimbulkan polemik memicu terjadinya persoalan baru yang merugikan dan menggangu proses kegiatan sekolah. “Dengan kita memahami dan mengetahui apa saja sasaran penggunaan dana BOS ini tentu harapan kita supaya keharmonisan antarsesama warga sekolah tetap terjalin dengan baik,” kata Feresi.

Ketua Komite Aslira Hia mengatakan, pemanfaatan atau penggunaan dana BOS supaya selalu memedomani ketentuan dan mekanisme yang berlaku. “Kami pihak komite sekolah tidak dapat mengintervensi dalam hal untuk mengelolaan dana BOS ini. Silakan pergunakan dengan sebaik-baiknya dan tepat sasaran demi pengembangan sekolah serta peningkatan mutu pendidikan,” katanya.

Ia juga berharap supaya pemanfaatan dana BOS itu jangan sampai disalahgunakan. Penggunaan dana BOS harus sesuai ketentuan dan petunjuk teknis (Juknis) yang ada. “Hal ini kami sampaikan sedini mungkin supaya pada kemudian hari tidak terjadi persoalan,” katanya.

Kepala SMA Negeri 1 Sirombu Fatouosa Hia menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua elemen masyarakat sekolah atas perhatian serta dukungan yang diberikan sehingga segala kegiatan di SMA Negeri 1 Sirombu dapat berjalan dengan baik seraya berharap adanya saran serta kritik yang bersifat membangun demi pengembangan serta peningkatan kualitas proses pembelajaran di sekolah.

Kepala Sekolah menjelaskan, dalam merealisasikan dana BOS penerimaan pertriwulan kadang kala sedikit terjadi kewalahan tidak cukup untuk pembiayaan program kegiatan. “Sejujurnya kalau kami sampaikan, dana BOS per triwulan setelah dikalkulasikan dengan besaran pembiayaan kegiatan kadang terjadi kewalahan besar pengeluaran daripada penerimaan. Pembengkakan biaya ini, misalnya terjadi pada penyelengaraan pengembangan kompetensi siswa di TP. 2016/2017, pengadaan alat, pembiayaan pengelolaan sekolah dan lain sebagainya. Pada triwulan I-2017 ini, dana BOS tidak cukup untuk pembiayaannya. Walaupun demikian, persoalan itu dapat teratasi,” ujarnya.

Penerimaan dana BOS triwulan I dan II-2017 sebesar Rp 276.640.000 telah dipergunakan dan dimanfaatkan pada beberapa program kegiatan sekolah sesuai dengan yang tertera pada Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS) dan berpedoman pada petunjuk teknis penggunaan dana BOS Permendiknas dan Kebudayaan RI Nomor 8 Tahun 2017.

Sementara itu, di ruang sesi diskusi yang dipandu oleh tim Manajer BOS SMA Negeri 1 Sirombu, salah seorang guru berinisial DP, meminta supaya RKAS dapat dibagikan untuk diketahui bersama. [knc07w]