KEPOLISIAN

Kapolres Nias Selatan: Prioritas Putra Daerah dalam Penerimaan Anggota Polri

0
1442

TELUKDALAM, KABAR NIAS — Pada penerimaan calon anggota Polri tahun anggaran 2016 di Pulau Nias putra daerah akan diprioritaskan. Putra Nias yang lulus tes akan ditempatkan di Pulau Nias. Bagi yang Putra Nias yang ingin melamar masih ada waktu hingga 13 Mei 2016.

Hal ini disampaikan oleh Kapolres Nias Selatan AKBP Robert Da Costa kepada wartawan seusai apel penandatanganan fakta integritas penerimaan calon anggota Polri, di halaman Mapolres Nias Selatan, Jalan Mohammad Hatta Nomor 1, Kelurahan Telukdalam, Selasa (3/6/2016).

“Putra/putri dari Pulau Nias yang melamar menjadi calon anggota Polri mendapat perhatian khusus dan akan diseleksi secara terpisah oleh panitia sesuai dengan persyaratan yang ditentukan. Jika nanti ada yang lolos, akan ditempatkan di Pulau Nias atau daerah asal,” ujar Robert.

Robert menyampaikan, Pulau Nias mendapat perhatian khusus karena local job sangat kuat dengan pertimbangan budaya, bahasa yang sulit diikuti oleh orang di luar Pulau Nias yang bertugas di sini.

Local job ini sangat memengaruhi budaya dan bahasa. Jadi, sulit untuk diikuti oleh personel Polri yang bukan putra/putri dari Pulau Nias ditempatkan di wilayah hukum di Pulau Nias,” ujarnya.

Saat ditanya wartawan berapa kuota khusus untuk putra/putri Pulau Nias, Robert mengatakan, pihaknya belum mengetahui dan pendaftaran khusus Pulau Nias masih dibuka hingga tanggal 13 Mei 2016.

“Kami belum tahu berapa kuota, khusus putra/putri dari Pulau Nias. Silakan saja mendaftar, masih dibuka sampai 13 Mei 2016. Kita sangat berterima kasih kepada Kapolda Sumut yang berjuang sehingga Pulau Nias mendapat perhatian khusus dari seluruh Indonesia,” ujarnya.

Dari data yang didapatkan Kabar Nias, sampai saat ini ada 58 putra/putri dari Nias Selatan yang melamar, yaitu tamtama 6 orang, akpol 2 orang, bintara 50 orang (45 orang laki-laki dan perempuan 5 orang), sementara kuota untuk Sumatera Utara sebanyak 459 orang (tamtama 36 orang, taruna akpol 13 orang dan bintara 410 orang). [knc05w]


Dari situs web Penerimaan.polri.go.id diperoleh berkas persyaratan penerimanan anggota Polri. Silakan dicek saja dan disarankan agar mengonfirmasi terlebih dahulu kepada panitia penerimaan. Klik di sini Berkas Persyaratan Brigadir (Bisa Diunduh)

BAGIKAN
Berita sebelumyaWali Kota Gunungsitoli: Batalkan Kerja Sama dengan UT
Berita berikutnyaMerokok di Kantin Sekolah, Tanggung Jawab Siapa?
Reporter Kabar Nias untuk wilayah Kabupaten Nias Selatan. Lahir pada 30 Juli 1988 di Desa Hilimaenamölö, Kecamatan Maniamölö Luahagudre, Kabupaten Nias Selatan. Kuliah di Universitas Darma Agung, Medan, Jurusan Teknik Sipil. Selain menjalani profesi sebagai jurnalis, ia juga aktif di beberapa organisasi kemahasiswaan dan kepemudaan. Menyuarakan kebenaran dan memperjuangkan kepentingan publik adalah komitmen hidupnya. Pria lajang ini juga memiliki moto: "Hidup harus bermanfaat bagi orang banyak".