PEMBERANTASAN NARKOBA

Pemuda Pancasila Kabupaten Nias Janji Siap Cek Urine secara Rutin

0
330
—Foto: Dokumentasi Bidang Media dan Humas MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Nias.

GIDÖ, KABAR NIAS — Sebagai wujud peran serta dalam kampanye perang terhadap narkotika dan obat-obatan berbahaya (narkoba), semua anggota dari organisasi kepemudaan Pemuda Pancasila Kabupaten Nias berkomitmen bahwa jajarannya tidak akan terlibat penyalahgunaan narkoba. Setiap anggota PP berjanji siap menjalani pemeriksaan urine sewaktu-waktu dibutuhkan.

Demikian disampaikan Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Nias Yuniman Waruwu seperti disampaikan Bidang Media Massa dan Humas Pemuda Pancasila Kabupaten Nias, lewat press release yang diterima Kabar Nias, Senin (29/8/2016).

“MPC Pemuda Pancasila siap perang terhadap narkoba dan siap melakukan tes urine terhadap kader dan anggota Pemuda Pancasila di seluruh wilayah Kabupaten Nias. Kami akan menindak tegas kader atau anggota yang terlibat terhadap kasus penyalahgunaan narkoba,” ujar Yuniman Waruwu dalam sambutannya pada acara Sosialisasi Penyalahgunaan Narkoba dalam rangka memeriahkan HUT Ke-71 Kemerdekaan RI. Acara bertemakan “Save Generasi Muda Nias dari Narkoba, Pemuda Harapan Bangsa” ini dilaksanakan MPC PP bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Gunungsitoli, Kamis (25/8/2016), di Lapangan Beringin Hiliweto Gido Kabupaten Nias.

Yuniman mengharapkan, lewat sosialisasi ini, para pemuda di seluruh Kabupaten Nias, tidak hanya PP, termasuk seluruh masyarakat bisa meningkatkan kesadaran dan kepekaan terhadap bahaya dari penyalahgunaan narkotika.

Dalam sosialisasi itu, Kepala BNN Kota Gunungsitoli AKBP Faduhusi Arozawatö Zendratö yang bertindak sebagai pembicara membeberkan mengenai pengertian, ruang lingkup, dan jenis-jenis narkoba beserta dampak-dampak penyalahgunaan dan rehabilitasi dari dampak tersebut. Dalam kesempatan itu juga disinggung tentang peredaran gelap dan potensi pintu-pintu masuk barang haram tersebut di kepulauan Nias.

Menurut Faduhusi, pihaknya akan terus menjalin kerja sama kepada berbagai pihak agar narkoba ini bisa menjadi keprihatinan bersama.

Acara sosialisasi ini dihadiri perwakilan dari Kodim 0213/Nias, Kejaksaan Negeri Gunungsitoli, Panitia HUT Ke-71 Kemerdekaan RI Kabupaten Nias, LSM/ormas/OKP. Peserta sosialisasi berasal dari pengurus/kader majelis pimpinan cabang, pimpinan anak cabang, ranting dan Komando Inti (KOTI) organisasi loreng oranye se-Kabupaten Nias. Acara ini juga dimeriahkan dengan atraksi silat yang dipersembahkan oleh Ranting Pemuda Pancasila Desa Olindrawa, Kecamatan Gidö.

Dalam kesempatan itu, baik BNN maupun PP Kabupaten Nias, bersepakat untuk secara bersama-sama menggiatkan pemberantasan terhadap narkoba secara masif. Diharapkan, semua pihak bisa menjadi contoh dan panutan bagi generasi muda di kepulauan Nias untuk tetap hidup sehat dan berprestasi tanpa narkoba.