Rp 3,7 Miliar DAK untuk Bangun Jalan Akses ke Mbombo Aukhu

0
528
Kondisi jalan menuju obyek wisata Mbombo Aukhu di Kecamatan Idano Gawo. —Foto: Nitema Mendröfa

GUNUNGSITOLI, KABAR NIAS – Pemerintah Kabupaten Nias melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) anggarkan Rp 3,7 miliar bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) 2015 untuk biaya pembangunan jalan menuju obyek wisata pemandian air panas Mbombo Aukhu. Pembangunannya akan dimulai pertengahan Agustus ini menggunakan aspal homix.

Hal itu dikatakan Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Nias Nuzlan Hia, Jumat (24/7/2015), di ruang kerjanya, menanggapi pemberitaan Kabar Nias sebelumnya (Baca: Jalan Menuju Mbombo Aukhu Rusak).

“Pada 2015 ini, jalan menuju obyek wisata Mbombo Aukhu dibangun dengan anggaran sebesar Rp 3,7 miliar bersumber dari DAK,” ujar Nuzlan.

Nuzlan mengatakan, sebelumnya jalan itu sudah dimulai pembangunannya dan bukan berarti dibiarkan rusak begitu saja. “Hanya yang dilakukan selama ini pembentukan badan jalan, pelebaran jalan dari 3 meter menjadi 6 meter,” ujarnya.

Selain pembangunan jalan, kata Nuzlan, juga ada bangunan pendukung seperti parit beton, dan tembok penahan tanah di beberapa bagian jalan itu. “Agar jalan itu kokoh, menurut rencana, yang dilakukan bukan lagi pengaspalan biasa, tetapi menggunakan aspal hotmix,” ujarnya.

Menurut Nuzlan, pembangunan jalan itu akan dimulai paling lama pertengahan Agustus 2015. Diharapkan kepada masyarakat agar mendukung pembangunan itu nantinya, sehingga rekanan yang menangani dapat menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu.

Sebagaimana diberitakan Kabar Nias sebelumnya bahwa kondisi jalan menuju obyek wisata pemandian air panas Mbombo Aukhu di Kecamatan Idanö Gawo rusak dan sulit dilalui kendaraan. [knc01w]