Nelayan Hilang di Sawö Masih Belum Ditemukan

0
1153
Ilustrasi nelayan dalam kondisi berkabut. —Foto: Corbis

GUNUNGSITOLI, KABAR NIAS — Ahmad Yakub Gea (47), nelayan warga Desa Sawö, Kecamatan Sawö, Nias Utara, hingga sekarang masih belum ditemukan setelah dinyatakan hilang. Pencarian korban terhambat oleh kabut asap yang masih pekat di wilayah Pulau Nias serta tingginya gelombang.

Menurut Kepala Pos SAR Nias Torang M Hutahean, korban sedang dicari keberadaannya. “Kami sudah terjun mencari sejak pukul 07.00 sesat setelah menerima laporan,” kata Torang kepada Kabar Nias, Minggu (20/9/2015) pagi.

Pos SAR Nias menerima laporan dari Idam Khalid Lase, PNS di Kodim 0213 Nias, terkait kehilangan nelayan tersebut. Ahmad Yakub Gea berangkat melaut pukul 04.00 Sabtu (19/9/2015). Namun, hingga pagi Minggu, yang bersangkutan belum juga kembali ke rumahnya.

Kepada Kabar Nias Torang mengaku pihaknya cukup kesulitan untuk melakukan pencarian karena terbatasnya jarak pandang akibat kabut asap yang masih menyelimuti wilayah daratan dan perairan Pulau Nias serta ombak cukup tinggi.

“Jarak pandang hanya mencapai 300 meter dan ketinggian gelombang laut mencapai 1 meter. Meskipun begitu kami akan terus berupaya untuk melakukan pencarian,” kata Torang.

Jika hari ini belum membuahkan hasil, kata Torang, ke-6 orang dari tim Pos SAR Nias yang dibantu personel dari TNI, Polri, dan masyarakat terus melanjutkan pencarian hingga 7 hari ke depan.

Dari kejadian itu, Torang mengimbau semua nelayan di Pulau Nias, mengingat kabut asap masih pekat, agar selalu menggunakan kompas jika turun melaut. [knc02w]