KEPEGAWAIAN

185 PNS di Nias Utara Jalani Sumpah Jabatan

0
892
Sebanyak 185 PNS di Nias Utara mengikuti sumpah jabatan di Pendopo Bupati Nias Utara, Senin (22/2/2016). —Foto Dokumentasi Humas Nias Utara.

LOTU, KABAR NIAS – Sebanyak 185 calon pegawai negeri sipil (CPNS) angkatan 2013 dilantik dan diambil sumpah menjadi pegawai negeri sipil (PNS) di Nias Utara. Pengambilan sumpah ini sesuai dengan amanah Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Bupati Nias Utara Edward Zega mengimbau kepada PNS yang baru untuk bekerja dengan sebaik-baiknya sesuai peraturan yang ada.

Kepala Bagian Humas dan Keprotokolan Setda Nias Utara Notianus Telaumbanua kepada Kabar Nias lewat surat elektronik, Selasa (23/2/2016), mengatakan, PNS yang mengikuti sumpah adalah angkatan 2013 ke bawah, sedangkan angkatan 2014 masih belum setahun diangkat menjadi CPNS.

“Tenaga pelayan masyarakat di Nias Utara bertambah 185 orang. Dengan mengikuti sumpah berarti sah menjadi pegawai negeri sipil, bukan lagi CPNS,” ujar Notianus.

Saat melantik, Edward menyatakan, setiap PNS yang mengikuti sumpah merupakan amanah UU No 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara Pasal 66 Ayat 1. “Pengambilan sumpah ini untuk menyatakan kesanggupan PNS melakukan suatu kewajiban dan tidak melakukan suatu larangan yang bertentangan dengan undang-undang, melaksanakan tugas kedinasan yang dipercayakan penuh pengabdian, kesadaran, dan tanggung jawab,” ujar Edward.

Dengan peryataan kesanggupan ini, kata Edward, setiap pegawai negeri sipil harus menerima dan menjalani dengan totalitas segala konsekuensi profesi sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.

“Jika Anda memberikan seekor ikan kepada seseorang, ia akan memakannya seketika. Jika Anda mengajar seseorang memancing, ia akan makan selama sisa-sisa hidupnya. Jika Anda memikirkan satu tahun ke depan taburlah benih. Jika Anda memikirkan sepuluh tahun ke depan tanamlah sebatang pohon dan jika Anda memikirkan 100 tahun ke depan, didiklah masyarakat dengan baik,” ujar Edward Zega yang akan berakhir masa tugasnya pada 12 April 2016. [knc02w]