PENEGAKAN HUKUM

Kejari Telukdalam Musnahkan Barang Bukti Tindak Pidana

0
848

TELUKDALAM, KABAR NIAS — Kejaksaan Negeri Telukdalam melakukan pemusnahan barang bukti tindak pidana yang telah disidangkan dan mempunyai kekuatan hukum tetap. Pemusnahan tersebut sebagai bentuk keseriusan serta pertanggungjawaban kepada publik atas penanganan tindak pidana di daerah Nias Selatan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Riyono, saat melakukan acara pemusnahan barang bukti di halaman Kejari, Jalan Diponegoro, Kelurahan Pasar Telukdalam, Selasa (2/2/2016).

Riyono menjelaskan bahwa pemusnahan barang bukti merupakan bagian pertanggungjawaban publik dalam penanganan kasus tindak pidana dan juga sebagai bukti keseriusan kejaksaan dalam penegakan hukum di daerah Nias Selatan.

“Hal ini merupakan pertanggungjawaban kepada publik dan keseriusan penaganan kasus tindak pidana yang diawali dari penanganan proses perkara dari pihak kepolisian dan kemudian diajukan ke dalam persidangan,” kata Riyono

Riyono menyampaikan, pihaknya selalu terbuka kepada masyarakat bahwa barang bukti tindak pidana untuk dapat dimusnahkan pada hari ini telah mempunyai kekuatan hukum tetap.

“Barang bukti tindak pidana yang dimusnahkan pada hari telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap dan tidak ada barang bukti sedikit pun (yang dimusnahkan) yang tidak diusulkan di dalam persidangan sesuai dengan putusan pengadilan,” ujar Riyono

Dengan rinci Riyono, menyampaikan barang bukti yang dimusnahkan, yaitu sabu 15,88 gram, ganja 1.551,27 gram, pakaian bekas, alat yang dipakai pada tindak pidana perjudian dan benda tajam, seperti kapak, parang, dan tombak.

“Barang bukti yang musnahkan hari ini berjumlah 170 item dengan 70 perkara mulai tahun 2012 sampai dengan penanganan perkara tindak pidana tahun 2015, yaitu ganja, sabu, pakaian bekas, kartu judi dan benda tajam seperti parang, pisau, tombak, palu, besi, batu, gergaji besi, dan kapak,” ujarnya.

Baca juga:  Guru Nias Selatan Laporkan Idealisman Dachi ke Kejari Telukdalam

Seperti diketahui, Riyono SH MHum dilantik menjadi Kajari Telukdalam menggantikan I Made Suwarjana SH MH pada Jumat, 11 Desember 2015, di lantai 3 Aula Gedung Kejatisu Jalan AH Nasution, Medan. [knc05w]

Reporter Kabar Nias untuk wilayah Kabupaten Nias Selatan. Lahir pada 30 Juli 1988 di Desa Hilimaenamölö, Kecamatan Maniamölö Luahagudre, Kabupaten Nias Selatan. Kuliah di Universitas Darma Agung, Medan, Jurusan Teknik Sipil. Selain menjalani profesi sebagai jurnalis, ia juga aktif di beberapa organisasi kemahasiswaan dan kepemudaan. Menyuarakan kebenaran dan memperjuangkan kepentingan publik adalah komitmen hidupnya. Pria lajang ini juga memiliki moto: "Hidup harus bermanfaat bagi orang banyak".
BAGIKAN
Berita sebelumyaSatu Rumah dan Lima Kamar Indekos Terbakar di Mo’awö
Berita berikutnyaPelantikan Bupati/Wali Kota Terpilih, 15 Februari