INFORMASI PUBLIK

Bupati Nias Barat: Media Massa Terus Awasi Pemerintah

0
413
Suasana temu pers yang diselenggarakan Bupati Nias Barat. —Foto: Aminuddin Hia

LAHÖMI, KABAR NIAS — Pemerintah Kabupaten Nias mengharapkan media massa untuk terus mengawasi pemerintah serta memberitakan soal Nias Barat secara proposional sesuai dengan rambu-rambu jurnalistik dan aturan yang mengikatnya. Aparatur pemerintahan di Kabupaten Nias Barat diminta menyajikan informasi secara terbuka agar masyarakat bisa mengetahui kondisi Nias Barat yang sebenarnya.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Nias Barat Adrianus Aroziduhu Gulö saat temu pers yang membeberkan hasil kinerja dari tahun ke tahun mengenai penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan masyarakat di segala bidang, di balai Serba Guna Nias Barat di Onolimbu, Lahömi, Senin (16/11/2015).

“Pers sebagai media informasi kepada masyarakat juga bagian dari solusi dalam pembangunan, diharapkan semua pihak dapat membantu dan bekerja sama dengan baik. Saya sampaikan kepada kita semua, marilah bekerja sama dengan pers saat melakukan tugas jurnalistiknya di lapangan jangan terkesan mereka dipersulit. Jika ada informasi responslah cepat dan dengan baik demi kepentingan masyarakat,” kata Adrianus kepada para jajarannya.

Adrianus menyampaikan apresiasi bahwa media massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik di Nias Barat adalah orang-orang yang profesional dan memiliki tanggung jawab yang tinggi dalam profesinya serta memiliki kesamaan visi dalam membangun Nias Barat.

Acara ini dihadiri Sekretaris Daerah Zemi Gulö, Asisten II Simesono Hia, beberapa Kepala SKPD/Kantor, Kepala Bidang dan Kepala Bagian di lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Barat.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Keprotokolan Sekretariat Daerah Kabupaten Nias Barat Fa’aduhu Gulö, dalam laporannya mengatakan bahwa pelaksanaan pertemuan pers tahap II Tahun 2015 ini dilakukan guna menyampaikan informasi tentang kebijakan Pemerintah Kabupaten Nias Barat di dalam segala aspek sektoral.

“Pelaksanaan temu pers ini berpedoman pada UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan program kegiatan humas dan keprotokolan Setkab Nias Barat memediasi penyampaian informasi kegiatan Pemerintah Kabupaten Nias Barat yang sudah terlaksana, sedang, dan akan dilaksanakan.

Selain itu, kata Fa’aduhu, pertemuan ini juga bertujuan guna meningkatkan hubungan kerja sama antara pemerintah daerah dan mitra kerjanya sehingga tugas mulia yang diemban bersama bisa berjalan lancar.

Pada sambutan dan pemaparan kegiatan pemerintah, Bupati Nias Barat Adrianus Aroziduhu Gulö mengatakan, pertemuan ini kita harapkan menjadi momentum semakin terciptanya hubungan kerja sama antarpemerintah dan pers. Kedua belah pihak saling bertukar informasi, saling mengingatkan, dan saling menyampaikan ide-ide dalam peningkatan atau kelanjutan pembangunan di segala bidang di Nias Barat.

Laporkan Kinerja

Selain itu, Bupati Nias Barat juga menguraikan beberapa capaian kerja pemerintah secara garis besarnya selama ini, antara lain telah melaksanakan pembangunan beberapa jembatan, kantor pemerintah dan ruang sekolah, ruas jalan penghubung antara ibu kota kabupaten dengan kota kecamatan dan dari kecamatan menuju desa.

Selanjutnya, peningkatan kapasitas aparatur pemerintah dan SDM melalui pemberian beasiswa bagi yang berprestasi dan masyarakat kurang mampu, penyediaan sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan ekonomi masyarakat, misalnya pembangunan los pekan terbuka dan tertutup, peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui penyediaan bantuan sosial, pertanian, perikanan.

“Itu semua telah diawali dan terus akan dilanjutkan,” ungkapnya. Andrianus mengutarakan, bahwa tanpa ada kebersamaan semua pihak dalam membangun atau memajukan daerah Nias Barat, apalagi dalam situasi keterbatasan sumber daya dan anggaran tidak berjalan sesuai yang diharapkan. Saya mengajak kita semua untuk tetap menjaga kondusivitas, berpikir global dan bertindak sesuai dengan kearifan lokal sehingga proses pembangunan yang telah kita mulai dapat berjalan dengan baik,” harapnya.

Ia meminta media massa mencatat kelemahan pemerintahnya serta juga tentang keberhasilan yang sudah dicapai. “Dalam waktu dekat ini, kompleks SKPD sebanyak 15 kantor akan segera resmikan. Sampaikan ini kepada rakyat. Perkantoran pemerintahan Kabupaten Nias Barat jika sudah berada di satu kompleks, koordinasi akan sangat mudah. Kita harapkan akan semakin mengefektifkan dan menfesiensikan pelaksanaan pembangunan Nias Barat. Teman-teman wartawan harus juga bangga dengan apa yang dicapai Nias Barat, paling tidak kebanggaannya jika dibandingkan dengan empat daerah lain di Pulau Nias. Nias Barat unggul,” kata Adrianus.

Adrianus tidak lupa meminta media massa untuk terus mengawasi pemerintahan, memberi masukan dan kritik yang membangun. Media massa juga diminta tetap bekerja profesional, memberikan pencerahan kepada masyarakat, sesuai dengan Kode Etik Jurnalistik dan UU Pers. “Tanggung jawab membangun Nias Barat adalah tanggung jawab kita semua, termasuk teman-teman jurnalis,” katanya. [knc07w]