DAMPAK CUACA BURUK

Jembatan Lahömi Hanyut, Akses Transportasi Putus Total

0
1096
Jembatan Lahömi putus. —Foto: Firman Daeli

LAHÖMI, KABAR NIAS — Akibat meluapnya Sungai Lahömi, Senin (14/12/2015) sekitar pukul 15.00, Jembatan Lahömi yang menghubungkan Kecamatan Lahömi dengan ibu kota Kabupaten Nias Barat, Onolimbu, hanyut yang mengakibatkan akses transportasi pun putus total.

Pantauan Kabar Nias, sejumlah kendaraan dan masyarakat tidak bisa menyeberang. Untuk menuju Onolimbu, masyarakat dari Bawadasi harus memutar melewati Tetesua.  Dalam beberapa hari ini, wilayah Nias Barat memang dilanda hujan deras sejak pagi hari.

Bupati Nias Barat Adrianus Aroziduhu Gulö mengatakan bahwa jembatan itu akan segera diusulkan untuk diperbaiki. Anggarannya akan diajukan pada R-APBD. “Semoga DPRD akan segera menyetujui anggaran untuk perbaikan jembatan itu,” ujar Adrianus.

Ia menengarai, kerusakan jembatan itu akibat tanah tempat pilar penopang jembatan berada sudah tergerus akibat ulah warga yang nekat mengambil pasir sembarangan, padahal sudah diperingati berkali-kali.

“Semoga masyarakat kita bisa belajar dari kerusakan ini agar tidak lagi sembarangan mengambil pasir,” ujarnya. Adrianus sangat mengkhawatirkan anak-anak sekolah yang terdampak akibat putusnya jembatan ini. [knc03w]