PERAYAAN IDUL FITRI

Polres Nias Kawal Pelaksanaan Pawai Takbiran di Kota Gunungsitoli

0
207
Wali Kota Gunungsitoli Lakhömizaro melepas peserta pawai takbiran, Selasa (5/7/2016) di halaman kantor Wali Kota Gunungsitoli. —Foto: Dokumentasi Humas Polres Nias

GUNUNGSITOLI, KABAR NIAS — Pelaksanaan pawai takbiran di wilayah hukum Kepolisian Resor Nias, Selasa (6/7/2016) malam, berlangsung aman dan kondusif. Sejumlah personel Polres Nias diterjunkan untuk mengamankan acara yang dilaksanakan setiap akhir bulan Ramadhan itu. Untuk tahun ini, pawai takbiran warga dari Kota Gunungsitoli dan Kabupaten Nias dipusatkan di halaman kantor Wali Kota Gunungsitoli.

“Pelaksanaan pawai takbiran, baik yang dilaksanakan di Kota Gunungsitoli dan di beberapa kecamatan, semua berlangsung aman dan kondusif, seperti yang kita harapkan. Kami mengucapkan terima kasih kepada peserta pawai takbiran yang telah mengikuti kegiatan ini dengan baik dan tertib,” ujar Kapolres Nias AKBP Bazawatö Zebua seperti disampaikan Bagian Humas Polres Nias dalam rilis pers yang dikirimkan ke Redaksi Kabar Nias, Rabu (6/7/2016).

Untuk diketahui, peserta pawai takbiran di ini dilepas oleh Wali Kota Gunungsitoli Lakhömizaro Zebua dengan disaksikan Kapolres Nias, Komandan Kodim 0213 Nias Letkol (Inf.) Luhut B. Sidabariba, Wakil Bupati Nias Arosökhi Waruwu, Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli Edison Ziliwu, para Kepala SKPD, para ulama, tokoh masyarakat, serta perwakilan organisasi kepemudaan.

Dalam sambutannya, Wali Kota Gunungsitoli menyampaikan bahwa pelaksanaan pawai takbiran ini sebagai wujud rasa syukur karena umat Muslim di Kota Gunungsitoli dan Kabupaten Nias telah berhasil melaksanakan puasa selama bulan Ramadan.

“Kepada semua peserta pawai malam ini saya imbau agar menjaga ketertiban sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya kecelakaan lalu lintas,” ujar Lakhömizaro.

Guna mengamankan pawai takbiran ini, Polres Nias menerjunkan 137 personel Polres Nias. Mereka berjaga-jaga di sepanjang rute yang dilalui peserta pawai takbiran yang dimulai pada pukul 20.00 tersebut. Adapun jalur pawai yang dilalui peserta pawai, yang menggunakan kendaraan roda empat, sepeda motor, dan becak mesin itu, adalah dari halaman kantor Wali Kota Gunungsitoli, Jalan Sudirman, Jalan Ahmad Yani, Jalan Gomo, Jalan Yos Sudarso, Simpang Olora, kembali ke Jalan Yos Sudarso, melewati Jalan Kelapa, Jalan Diponegeoro, Jalan Pendidikan, Jalan Pancasila, dan kembali ke kantor Wali Kota Gunungsitoli.

Tak lupa Kapolres Nias menyampaikan selamat kepada masyarakat di wilayah hukum Polres Nias yang merayakan Idul Fitri 1437 Hijriah. [*/knc01r]