PILKADA 2015

KPU Nias Selatan: Tidak Ada Rekomendasi Penundaan Pleno

0
1261
Komisioner KPU Sumangeli Mendröfa dan Ketua KPI Alfian Zenius Dachi berfoto bersama dengan salah satu personel pengamanan seusai geladi bersih pelaksanaan pleno, Selasa (15/12/2015). —Foto: Dokumentasi Sumangeli Mendröfa

TELUKDALAM, KABAR NIAS — Komisi Pemilihan Umum Nias Selatan akan melaksanakan pleno rekapitulasi hasil Pilkada 2015 di tingkat kabupaten, Rabu (16/12/2015) pukul 14.00, di Gedung Defnas, Telukdalam. Sejauh ini belum ada rekomendasi dari penundaan pelaksanaan pleno.

Hal itu ditegaskan oleh komisioner KPU Nias Selatan Sumangeli Mendröfa kepada Kabar Nias, Rabu pagi.

“KPU Nias Selatan tetap melaksanakan pleno rekapitulasi suara di tingkat Kabupaten hari ini sebagai amanat undang-undang yang mewajibkan pelaksanaan pleno pada 16-18 Desember 2015,” kata Sumangeli.

Ia mengatakan, hingga saat ini, KPU Nias Selatan belum menerima rekomendasi dari pihak mana pun, termasuk Panwaslih Nias Selatan, untuk menunda pelaksanaan pleno.

Surat yang dikirimkan oleh Panwaslih kepada KPU yang ditandatangani oleh Ketua Panwaslih Nias Selatan Ismael Dachi bertanggal 15 Desember 2015, menurut Sumangeli, bukan rekomendasi.

“Surat itu bukan rekomendasi, hanya meneruskan surat permintaan dari salah satu tim kampanye pasangan calon, yaitu pasangan calon nomor urut 2,” kata Sumangeli.

Dari salinan yang diterima Kabar Nias, surat Panwaslih itu meminta KPU Nias Selatan menunda rekapitulasi suara di tingkat Kabupaten Nias Selatan khusus Kecamatan Huruna, Gomo, Idanö Tae, Umbunasi, Toma, Susua, dan Sidua’öri. Panwaslih mendasari surat penundaan itu dari surat yang dilayangkan oleh tim kampanye pasangan calon nomor urut 2 Ideal-Siga tanggal 14 Desember 2015.

Pantauan Kabar Nias, saat berita ini ditayangkan, pleno KPU Kabupaten Nias Selatan sudah dimulai pada pukul 14.40. Sekeliling KPU terlihat dipagari kawat berduri sehingga warga yang tidak berkepentingan tidak bisa mudah masuk ke dalam Hall Delfas. Pengamanan yang dilakukan sangat ketat oleh anggota pengaman dari kepolisian dan TNI.

Polisi Akan Tindak Tegas

Pantauan Kabar Nias, pengamanan di Telukdalam diperketat. Sejumlah personel dari Kodim Nias dan Polres Nias didatangkan ke Telukdalam.

Kepala Polres Nias Selatan AKBP Robert Da Costa, kepada Kabar Nias, sehari sebelumnya, mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah terhasut isu-isu yang tidak benar. Ia memastikan bahwa kondisi Telukdalam aman dan tidak ada hal-hal yang mengancam ketertiban umum. Meskipun demikian, status pengamanan di Telukdalam Siaga 1.

“Kami siaga 1, bukan hanya di Telukdalam, ini berlaku di seluruh Indonesia. Kami berharap warga tetap tenang dan tidak mudah terprovokasi. Kami tidak segan-segan untuk menindak siapa pun yang mencoba mengganggu keamanan dan melanggar aturan,” ujarnya. [knc01r/knc05w]