PILKADA 2015

Ungguli Petahana, HD-Sanolo Jadi Pemenang di Nias Selatan

0
12329

TELUKDALAM, KABAR NIAS — Dari hasil penghitungan suara (real count) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015 di Kabupaten Nias Selatan yang dilakukan di 31 kecamatan menunjukkan hasil dengan nomor urut 3, Dr Hilarius Duha, SH, MH-Sozanolo Ndruru (HD-Sanolo), dengan sembilan misi yang dikenal dengan sebutan “Siwa Sanuwu Sihönö” menjadi pemenang di Nias Selatan.

Dari penghitungan suara riil yang dilakukan oleh tim HD Sanolo dari setiap TPS, hingga Kamis pukul 07.15, pasangan ini unggul dengan perolehan 37.736 suara, sedangkan pasangan petahana nomor urut 2 Idealisman Dachi-Si’otaraizokhö Gaho mendulang 34.417 suara. Adapun pasangan nomor urut 1 Lianus Nduru-Thomas Dachi (Linmas) memperoleh 17.041 suara, sementara pasangan nomor urut 4 HAm dengan 9.398 suara.

Di tempat kelahiran Hilarius Duha di Desa Hilisatarö, HD-Sanolo mendapatkan 1.108 suara, Linmas 55, Ideal-Siga 49, HAM 2. Adapun di Hilisatarö Gewa Linmas 8, Ideal-Siga 103, HD-Sanolo 647, dan HAM 0. Di Desa Hilisatarö Raya Linmas 28 suara, Ideal-Siga 56, HD-Sanolo 1.150, dan HAM 2.

Sementara di Kelurahan Pasar Telukdalam, yang menjadi wilayah perebutan suara keempat calon. Linmas 201, Ideal-Siga 1.169, HD-Sanolo 1.197, dan HAM 271. Anda juga bisa mengikuti penghitungan riil KPU Nias Selatan di Pilkada2015.kpu.go.id

Sambut dengan Haru

Pendukung HD-Sanolo menyambut kemenangan ini dengan perasaan haru. Terlebih-lebih saat memberikan selamat kepada Hilarius yang tampak cukup emosional hingga meneteskan air mata. Pelukan haru dari keluarga Hilarius membuat suasana semakin sendu.

Hilarius Duha (kiri) dipeluk oleh keluarganya yang terharu setelah memastikan hasil penghitungan rill didapatkan. —Foto: Eva Chris Susanti Duha
Hilarius Duha (kiri) dipeluk oleh keluarganya yang terharu setelah memastikan hasil penghitungan rill didapatkan. —Foto: Eva Chris Susanti Duha

Kepada Kabar Nias, melalui percakapan seluler, Hilarius menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarkat Nias Selatan yang telah memberikan kepercayaan untuk memimpin Nias Selatan 2016-2021.

“Saya dari hati yang terdalam mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kepercayaan masyarakat Nias Selatan yang diberikan kepada kami pasangan HD-Sanolo. Ini kemenangan kita semua masyarakat Nias Selatan. Kepada semua relawan dan simpatisan HD-Sanolo ini juga hasil kerja keras Anda semua. Terima kasih,” ujarnya.

Baca juga:  Rapat DPRD Nias Selatan Ricuh, Ketua DPRD Dilempari Gelas

Di media sosial masyarakat Nias Selatan menyambut pemerintahan mereka dengan sukacita. Victor Dachi menuliskan status di Facebooknya, “Selamat buat masyarakat Nias Selatan, telah memilih pimpinan baru orang yang rendah hati dan takut akan Tuhan.”

Sejumlah spanduk dipasang di sudut-sudut kota Telukdalam yang sebagai bentuk ucapan terima kasih pasangan HD-Sanolo kepada masyarakat Nias Selatan yang telah memenangkan mereka. Pengumuman resmi hasil Pilkada Nias Selatan akan disampaikan oleh KPU Nias Selatan. [knc01r]